terkini

Iklan

Pangdam Iskandar Muda Perintahkan Kesiapsiagaan Menghadapi Abrasi Pesisir Aceh Utara

Zulfitri ( Admin )
20 September 2024, 12.22 WIB Last Updated 2024-09-20T05:22:26Z

 


AJN - BANDA ACEH, Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr. (Han), memerintahkan seluruh jajarannya untuk terus memantau situasi abrasi yang terjadi di wilayah Kodim 0103/Aceh Utara dan merespons dengan cepat serta sigap guna membantu masyarakat yang terdampak. Hal ini disampaikan pada Jumat (20/09/24), menyusul cuaca ekstrem yang mengakibatkan gelombang pasang di pesisir pantai wilayah tersebut.


Puluhan personel TNI dari Kodim 0103/Aceh Utara telah dikerahkan untuk siaga di sepanjang pesisir pantai yang terdampak abrasi, terutama di Gampong Lhokpuuk, Kecamatan Seunudon, dan Gampong Meunasah Baroh, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara.


Kesiapsiagaan ini dilakukan menyusul gelombang pasang purnama yang terus menerjang wilayah pesisir akibat cuaca ekstrem.


"Cuaca yang tidak menentu serta intensitas curah hujan yang tinggi disertai angin kencang di wilayah pesisir Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara menuntut kesiapsiagaan penuh dari seluruh aparat kewilayahan serta masyarakat, agar kita selalu siap menghadapi kemungkinan buruk yang mungkin terjadi," ujar Pangdam IM.


Lebih lanjut, Pangdam IM menjelaskan bahwa TNI juga bekerja sama dengan Polri, PLN, dan warga setempat dalam upaya membersihkan pohon-pohon yang membahayakan aktivitas warga serta mengamankan aliran listrik di tiang-tiang yang roboh akibat angin kencang dan abrasi.


"Untuk sementara ini, kami akan melakukan berbagai langkah guna memastikan warga tidak panik dalam menghadapi bencana gelombang pasang purnama tersebut," tambahnya.


Pangdam IM menegaskan kembali bahwa dirinya selalu menginstruksikan kepada seluruh jajaran agar bertindak cepat dan tanggap dalam menghadapi setiap bencana alam yang terjadi di wilayah Kodam Iskandar Muda.


*Kodam Iskandar Muda selalu peduli dengan berbagai persoalan, permasalahan atau kesulitan masyarakat karena Kodam Iskandar Muda melaksanakan salah satu tugas Pokoknya yaitu melakukan Pembinaan Teritorial khususnya materi Komunikasi Sosial serta Mengimplementasikan salah satu butir dari 8 wajib TNI yaitu mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya. Karena Prajurit Kodam IM harus Militan di masa perang dan bermanfaat di masa damai. Sesuai Motto Pangdam Iskandar Muda yaitu "Sebaik-baik manusia adalah yang bisa bermanfaat bagi orang banyak*".

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pangdam Iskandar Muda Perintahkan Kesiapsiagaan Menghadapi Abrasi Pesisir Aceh Utara

Terkini