terkini

Iklan

Kodam Iskandar Muda Gelar Jum’at Bersih Sambut Kontingen PON XXI di Masjid Raya Baiturrahman dan Masjid Jami' Baiturrahim

Zulfitri ( Admin )
06 September 2024, 15.37 WIB Last Updated 2024-09-06T08:46:01Z


 

AJN - BANDA ACEH, Dalam rangka menyambut kedatangan Kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, Kodam Iskandar Muda mengadakan kegiatan Jum'at Bersih di dua masjid ikonik Aceh, yaitu Masjid Raya Baiturrahman dan Masjid Jami' Baiturrahim Ulee Lheue, Banda Aceh, pada Jum’at (06/09/2024).


Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal M, Tr. (Han), sebagai penggagas kegiatan ini, menyampaikan bahwa kedua masjid tersebut dipilih karena nilai historis dan simbolisnya bagi masyarakat Aceh. 


"Masjid Raya Baiturrahman dan Masjid Jami' Baiturrahim memiliki sejarah panjang, dibangun sejak masa kolonial dan tetap berdiri kokoh meskipun telah dilanda gempa dan tsunami Aceh. Ini merupakan bukti nyata kebesaran Allah SWT," ujar Pangdam IM saat diwawancarai oleh media.


Sebanyak 1.000 personel Kodam Iskandar Muda dikerahkan dalam kegiatan ini. Sebanyak 800 personel ditugaskan di Masjid Raya Baiturrahman, sementara 200 personel lainnya melakukan pembersihan di Masjid Jami' Baiturrahim. 


Kegiatan ini mencakup pembersihan area dalam dan luar masjid, serta penyediaan fasilitas yang lebih nyaman bagi jamaah dan pengunjung.


Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur, menyampaikan apresiasinya kepada Pangdam IM dan seluruh personel Kodam Iskandar Muda atas bantuan tenaga dan waktu mereka. 


"Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan dalam mempersiapkan Masjid Raya Baiturrahman agar lebih bersih dan siap menyambut para jamaah dan pengunjung, terutama dalam rangka PON XXI," ujarnya.


Dalam menyambut kontingen PON XXI, Masjid Raya Baiturrahman tetap memberlakukan aturan ketat terkait berpakaian muslimah bagi pengunjung yang akan beribadah di masjid tersebut. 


Pihak masjid telah menyiapkan pakaian muslimah bagi para pengunjung yang belum memenuhi aturan berpakaian sesuai syariat.


*Kodam Iskandar Muda selalu peduli dengan berbagai persoalan, permasalahan atau kesulitan masyarakat karena Kodam Iskandar Muda melaksanakan salah satu tugas Pokoknya yaitu melakukan Pembinaan Teritorial khususnya materi Komunikasi Sosial serta Mengimplementasikan salah satu butir dari 8 wajib TNI yaitu mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya. Karena Prajurit Kodam IM harus Militan di masa perang dan bermanfaat di masa damai. Sesuai Motto Pangdam Iskandar Muda yaitu "Sebaik-baik manusia adalah yang bisa bermanfaat bagi orang banyak*".


Kegiatan Jum’at Bersih ini merupakan salah satu bentuk dukungan Kodam Iskandar Muda terhadap kelancaran PON XXI Aceh-Sumut sekaligus upaya mempererat silaturahmi antara TNI dengan masyarakat Aceh.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kodam Iskandar Muda Gelar Jum’at Bersih Sambut Kontingen PON XXI di Masjid Raya Baiturrahman dan Masjid Jami' Baiturrahim

Terkini