terkini

Iklan

DPMG Gelar Pelatihan Bagi Tuha Peut Gampong

Zulfitri ( Admin )
18 September 2024, 21.17 WIB Last Updated 2024-09-18T14:18:01Z

 


AJN - MEULABOH, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG)  menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi Tuha Peut Gampong yang berlangsung di Gedung B Dinas Pendidikan Aceh Barat. Rabu ( 18/09/2024) Pelatihan ini merupakan langkah nyata dalam mendukung pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Tuha Peut Gampong, sekaligus memperkuat peran mereka dalam memajukan pemerintahan gampong.


Penjaabat Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi mengatakan, Kegiatan ini menjadi wujud komitmen pemerintah daerah dalam mendorong keberhasilan pembangunan gampong. "Pembangunan gampong dipandang sebagai kunci utama dalam menciptakan kemajuan daerah yang berkelanjutan". Ujarnya


Mahdi menambahkan, Lebih dari sekadar pembangunan infrastruktur, pembangunan gampong juga mencakup aspek penting lainnya seperti pendidikan, kesehatan, perekonomian, dan keagamaan sebutnya.


Lebih lanjut mahdi menambahkan, Pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan peningkatan kapasitas yang tahun lalu diadakan bagi para keuchik. Diharapkan, pelatihan ini dapat memperdalam pemahaman para Tuha Peut sehingga mereka dapat bekerja selaras dengan para keuchik untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat gampong, ucapnya


Mengacu pada Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa serta Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pemerintahan Gampong, Tuha Peut memiliki peran strategis dalam pemerintahan gampong. Mereka tidak hanya menjalankan fungsi legislatif, penganggaran, dan pengawasan, tetapi juga bertanggung jawab dalam menyalurkan aspirasi masyarakat, mengawasi pelaksanaan Syari’at Islam, dan menjaga kelestarian adat istiadat serta budaya lokal, ucap mahdi.


Dalam pengelolaan Dana Desa dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG), Tuha Peut juga berperan penting dalam memastikan arah kebijakan pembangunan gampong berjalan sesuai dengan harapan masyarakat. Dengan demikian, program-program yang ada diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat gampong, tutup mahdi. (Muhibbul Jamil)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPMG Gelar Pelatihan Bagi Tuha Peut Gampong

Terkini