terkini

Iklan

Siap Amankan Pilkada Serentak 2024, Polres Aceh Besar Gelar Simulasi Sispamkota

Zulfitri ( Admin )
23 Agustus 2024, 14.45 WIB Last Updated 2024-08-23T07:45:45Z

 


AJN - ACEH BESAR, Kepolisian Resor Aceh Besar Polda Aceh menggelar peragaan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) untuk persiapan Pilkada Serentak 2024, bertempat di Lapangan Bungong Jeumpa Kota Jantho,Jumat (23/08/2024) 


Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Seulawah 2024 di wilayah hukum Polres Aceh Besar yang bertujuan untuk menjaga kamtibmas serta menyiapkan seluruh komponen baik Personil maupun Peralatan dalam menghadapi potensi gangguan selama Pilkada berlangsung. 


Simulasi Sispamkota ini dilaksanakan di lapangan Bungong Jeumpa Kota Jantho dimulai Pukul 09:00 Wib yang diikuti oleh Personil Polres Aceh Besar serta dibantu oleh Personil Sat Brimob Polda Aceh Batalyon A Pelopor,dan kegiatan simulasi sispamkota berakhir Pukul 11:30 Wib dalam keadaan aman dan baik.


Kapolres Aceh Besar AKBP Sujoko S.I.K.,M.H.,melalui Kabag Ops AKP Zaflaini S.H.,menyampaikan bahwa Simulasi ini sangat penting dilakukan untuk memastikan kesiapan Personil dalam menghadapi berbagai potensi ancaman serta sebagai langkah strategis dalam mengendalikan situasi dan menjaga keamanan wilayah selama proses Pilkada berlangsung.


Kegiatan simulasi mencakup berbagai skenario mulai dari pendistribusian logistik, masa kampanye,pemungutan suara, termasuk penanganan kerusuhan massa,selama Proses Pilkada.Selain itu, simulasi juga bertujuan untuk menentukan langkah-langkah konkret yang harus dilakukan oleh anggota Polri dalam rangka mengendalikan situasi yang dapat mengganggu Kamtibmas.


Salah satu bagian penting dari simulasi ini adalah penanganan unjuk rasa yang memanas kemudian tim negosiator Polres Aceh Besar berupaya menenangkan massa yang awalnya berjalan damai namun berubah menjadi anarkis. 


Situasi memanas hingga dilakukan lapis ganti dari Dalmas Awal menjadi Dalmas Lanjut,namun massa semakin anarkis sehingga memaksa petugas menggunakan kendaraan taktis dan tembakan gas air mata oleh Unit Pengurai Massa (Raimas) dari Brimob untuk membubarkan massa.


Dengan adanya simulasi ini, diharapkan seluruh pihak yang terlibat dapat lebih siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi, sehingga Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Aceh Besar dapat berjalan dengan lancar dan damai.


Kami berkomitmen untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif selama seluruh tahapan Pilkada Tahun 2024 berlangsung khususnya di Kabupaten Aceh Besar, ujar Kabag Ops.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Siap Amankan Pilkada Serentak 2024, Polres Aceh Besar Gelar Simulasi Sispamkota

Terkini