terkini

Iklan

Semarak Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional Kabupaten Pidie Tahun 2024

Zulfitri ( Admin )
21 Agustus 2024, 08.58 WIB Last Updated 2024-08-21T01:58:49Z

 


AJN - PIDIE, Bulan Imunisasi Anak Sekolah telah di mulai, Pemberian imunisasi pada anak usia sekolah dasar atau disebut BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) adalah pemberian imunisasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakt campak, rubella, difteri, tetanus dan kanker serviks.


Dalam semarak pelaksanaan BIAS yang dilakukan Tim kerja Imunisasi dan Tim Kerja Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Pidie turut hadir Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Pidie Ibu Saptati Rengganis, Kepala Kemenag Kab.Pidie  dan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pidie serta turut hadir dokter spesialis anak sebagai narasumber dr. Faisal Sp.A, serta narasumber dari tokoh agama Tgk Mukhlisuddin Marzuki dan didampingi oleh Tim Imunisasi dari UPTD Puskesmas Sakti berikut Muspika dan tokoh agama dan masyarakat.


Semarak BIAS pada kesempatan ini dilakukan tahap pertama di sekolah MIN 7 Pidie Kec. Sakti tanggal 20 Agustus 2024, sebagai tanda bangkitnya gairah imunisasi anak sekolah untuk meningkatkan kekebalan dan imunitas tubuh.


dr. Dwi Wijaya dalam sambutan nya sebagai Plt.Kadinkes Pidie menyampaikan momen BIAS ini menjadi pelaksanaan untuk memberikan "Ubat Keubai" kepada anak, dimana hal tersebut dalam rangka mencegah dan memberikan kekebalan bagi anak dari penyakit berbahaya diantaranya Campak-rubella, Tetatus Difteri, kanker Leher Rahim bagi anak perempuan.


Meskipun masih banyak penolakan dan misinformasi dari Hoax yang beredar selama ini, dr. Dwi mengajak agar para wali murid mempercayakan Kesehatan Anak pada ahli-ahli Kesehatan di puskesmas, Dinkes, Rumah Sakit dan dokter spesialis anak. serta jangan mudah menerima berita bohong yang merugikan Kesehatan anak akibat tidak diimunisasi sejak dini, karena lebih baik mencegah sakit dari pada menyesal Ketika menjalani pengobatan setelah terinfeksi penyakit.


"percayakan Kesehatan kepada ahli kesehatan. lebih mudah mencegah penyakit berbahaya ini(campak rubella, tetanus difteri, kanker serviks) dari pada mengobati setelah sakit, karena sakit nya lama dan pengobatan nya lama dan menderita" ungkap dr.Dwi.


Tidak lupa pula Ketua TP-PKK Kabupaten Pidie Ibu Saptati Rengganis mengajak dalam sambutannya untuk selalu melengkapi imunisasi anak. "Imunisasi Campak, DT/Td dan HPV penting bagi anak sebagai gerenasi penerus bangsa, mari para orang tua wali murid untuk memberikan imunisasi dalam Waktu BIAS ini agar anak sehat dan tidak terserang penyakit berbahaya" ungkap Saptati.


Sementara itu dr.Faisal Sp.A menekankan pentingnya memberikan perlindungan sejak anak lahir dengan imunisasi rutin dan anak sekolah dalam imunisasi lanjutan seperti BIAS ini. 


"Perlindungan anak paling mudah dilakukan sejak lahir dengan imunisasi rutin HB0 dan dilanjutkan dengan imunisasi BCG, Polio, DPTHb-Hib, juga imunisasi lanjutan di BIAS untuk campak, DT/Td dan HPV, karena banyak kasus-kasus ditemukan anak yang terkena penyakit merupakan anak yang tidak di imunisasi sehingga sangat rentan dan mudah terserang penyakit", Jelas Faisal.


Saatnya anak Pidie Sehat dan Mulia dengan Imunisasi.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Semarak Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional Kabupaten Pidie Tahun 2024

Terkini