terkini

Iklan

Dinkes Pidie Gelar Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha IRTP

Zulfitri ( Admin )
23 Agustus 2024, 09.10 WIB Last Updated 2024-08-23T02:10:31Z

 


AJN - PIDIE, Plt Kepala Dinas (KADIS) Kesehatan Kabupaten Pidie dr.Dwi Wijaya Mengadakan Bimbingan Teknis Penyuluhan Keamanan Pangan bagi Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di Aula Cafe Deha yang terletak di Jl.lingkar-Blang Paseh No.03 Sigli(21/08/2024).


Kegiatan penyuluhan industri rumah tangga pangan ( IRTP )tersebut di hadiri oleh 30 orang peserta dan diadakan selama 2 hari mulai  21-22 Agustus 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran keamanan pangan dan untuk bisa registrasi dan pengajuan perizinan usaha di sistem Online Single Submission (OSS) atau yang di artikan juga sebagai Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik.


Turut hadir juga sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu; Suryani Fauzi, SKM. M.Si dari Instansi BPOM Provinsi Aceh. Drs.Hasbi Juned, Apt.MM dan Alfridsyah, SKM. M.Kes. KP.Kesmas dari Instansi CV. Edwin Cipta Kompetensi, dalam penyampaiannya mereka meminta IRTP dituntut untuk menerapkan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPB).


Menurut dr.Dwi Wijaya, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan bahwa negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang, baik pada tingkat nasional maupun daerah hingga perseorangan secara merata di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 


Terkait hal tersebut diperlukan suatu program yang konsisten dan berkesinambungan sehingga pangan yang aman, bermutu dan bergizi menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia, hingga saat ini telah banyak industri skala kecil hingga skala menengah yang terdaftar sebagai IRTP dengan nomor pangan industri rumah tangga.


Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) memiliki peranan penting dalam sistem keamanan pangan di Indonesia, pada umumnya IRTP merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang banyak tersebar di seluruh pelosok Indonesia mengingat potensi ekonomi yang sangat strategis serta potensi risiko produk maka perlu diselaraskan antara pertumbuhan IRTP yang cepat dengan peningkatan keamanan dan mutu produk.


Kabid (kepala Bidang) Sumberdaya Kesehatan Syamsul Bahri ST.MT Saat acara penutupan IRTP yang di wakilkan oleh dirinya menjelaskan bahwa, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan pengusaha industri rumah tangga pangan tentang pengolahan makanan yang baik sesuai persyaratan kesehatan atau standar mutu yang telah ditetapkan.


Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pengusaha Industri rumah tangga tentang berbagai macam bahan tambahan pangan, mengetahui tata cara sertifikasi produksi pangan industri rumah tangga, dan menghasilkan produk olahan pangan yang aman dan bermutu.tutupnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinkes Pidie Gelar Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha IRTP

Terkini